Minggu, 28 November 2010

Menjaga Stabilitas Iman



oleh : Zaheed Zawahiry

Mungkin sebagian dari kita akan bertanya-tanya kenapa tiba-tiba iman kita menjadi turun drastris, Awalnya semangat ibadah menggebu-gebu tiba tiba saja menjadi menurun drastic, Tentu semua ini harus cepat diatasi agar tidak berlarut dan menumpuk menjadi sebuah beban dan membuat kita jatuh terperosok kedalam lubang yang jauh dan suram. Sebelum kita mencari solusinya tentu terlebih dahulu kita harus mencari apa sebab-sebab kenapa hal itu terjadi.
Diantara penyebab turunnya semangat iman adalah ;

1.Lemahnya Pemahaman tauhid di dalam hati seseorang
Diantara adalah kurang memahami bahwasanya Allah maha Melihat, baik yang nampak ataupun yang disembunyikan. Sehingga disaat sepi kita merasa Allah tidak melihat kita sehingga membuat kita merasa nyaman untuk berbuat maksiat dan berbuat dosa lainya.terkadang kita melupakan bahwa Allah maha mendengar, bahkan tidak memahami bahwa Allah itu maha mengetahui baik yang sudah berlalu ataupun akan datang.

2. Tidak memahami hakikat Jalan Hidup
Hidup memang penuh dengan Onak dan duri, Hidup penuh dengan bermacam rintangan dan halangan banyaknya cobaan hidup membuat kita menjadi tidak semangat dan terkadang menjadikan kita putus asa dengan datangnya cobaan-dan ujian yang silih berganti tersebut.

3.selalu dihantui oleh masa lalu yang kelam
Masa lalu terkadang membawa manusia untuk tidak semangat menghadapi masa depannya . Dosa yang dilakukan masa lalu menghantui perasaannya sehingga membuat dirinya selalu hina dengan masa lalunya, membuat dirinya merasa tidak pantas untuk menata masa depannya karena aib dan cacat yang melekat dalam dirinya

4.Pasrah dengan keadaan yang ada bagaimana bentuk keadaan tersebut.
Disaat kita hidup dalam kondisi tersebut kita merasa bahwa kita ditaqdirkan seperti itu dan tidak ada keinginan untuk mengubahnya. Padahal hal itu bisa diusahakan untuk dirubah. Kemiskinan yang melekat pada diri kita membuat kita merasa tetap miskin. Lingkungan tempat tinggal kita yang penuh dengan kemaksiatan membuat kita rela dan ikhlas menjalani itu semua. Padahal kita bisa mengubahnya dengan jalan Hijrah dari tempat itu misalnya.atau dengan jalan lain.

5. Selalu berbuat maksiat ataupun mendekati perbuatan maksiat atau sarana yang bisa mengantarkan kita kepada kemaksiatan tersebut.
Itulah diantara penyebab dan yang mendorong kita untuk tidak semangat menata masa depan.membuat stabilitas Iman kita menjadi menurun . Diantara cara ataupun tips yang bisa kita lakukan dan kita ambil adalah :

1.Jadikan Ibadah kita selama ini Adalah sebuah kebutuhan,bukan hanya sekedar kewajiban semata
Disaat kita membutuhkan sesuatu pasti kita tidak akan bosan dengan hal tersebut,contohnya makan, pernahkan kita merasa bosan untuk makan?tentu tidak. Kenapa karena kita butuh makan.jadikan ibadah sholat kita menjadi sebuah kebutuhan hidup kita jadikan ibadah tadabbur qur’an kita menjadi sebuah santapan pagi kita.

2.Hindari Sifat Menunda-Nunda
Sifat menunda-nunda sebuah pekerjaan ataupun ibadah adalah perbuatan setan. Itulah cara syaithan membisikkan kepada kita agar menunda ibadah kita dengan alas an kita masih muda, pekerjaan kita lagi tanggung atau dengan alasan yang lain yg membuat kita lengah. Salah satu cara atau tips agar jangan sampai bentrok antara waktu kerja dan ibadah adalah jangan mengerjakan sesuatu dekat dengan waktu sholat . ketika teringat langsung kerjakan

3. Hindari Kehidupan yang menyendiri
Hidup sendiri atau bersunyi dari keramaian mengundang potensi dosa,apalagi zaman sekarang ini dimana technologi dan alat komunikasi sudah begitu mudah masuk kekamar-kamar kita. Internet misalnya begitu mudah akses yg kita peroleh. Maka untuk menghindari hal itu maka seringlah duduk bersama orang-orang sholeh baik dimajelis dzikir ataupun dengan mengisi kegiatan yang bermamfaat bersama teman-teman lain atau ditempat keramaian yg tidak dipenuhi dgn maksiat seperti mesjid misalnya atau perpustakaan.
Ingatlah sebuah pepatah mengatakan : bahwa biasanya harimau biasa memangsa kambing yang berjalan sendirian.

4. Berusahalah Untuk Senantiasa Agar Bisa Husnul khatimah
Diantaranya adalah dengan jalan mengingat kematian yang datangnya pasti tapi tidak diketahui kapan datangnya. Atau dengan menjaga diri agar jangan sampai mencintai dunia dan selalu mengingat bahwa amalan itu bikhaatimiha ( akhir hayat kitalah yang akan menentukan )

5. Berdo’alah kepada Allah agar senantiasa ditetapkan hati kita dalam keadaan beriman

Akhiru da’waana Alhamdulillahi washsholaatu ala rasulihi

Tidak ada komentar: