Selasa, 26 Agustus 2008

"Kado buat Sahabat"




Dalam hidup ini, kita membutuhkan sahabat, itu adalah hal yang tak dapat dipungkiri lagi, karna dalam hidup ini kita tidak mampu untuk melangkah seorang diri tanpa seorang sahabat. Membutuhkan orang-orang yang dapat mengingatkan kita dikala lupa dan khilaf. "Sungguh manusia dalam kerugian..kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran"(Q.S. al-ashr : 2).
Rasulullah memberikan uswah pada kita, bagaimana kisah persahabatan beliau yang luar biasa dengan para sahabatnya. Sampai mengorbankan harta dan jiwa, tiada lain tiada bukan...itu hanya untuk kebenaran dan untuk mendapatkan keredhaan dari Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
Dari kaca mata pendidikan, sahabat termasuk pada kategori lingkungan pendidikan. Sahabat atau teman adalah orang-orang yang sering berinteraksi dengan kita. Mereka kadang mengambil posisi saudara atau bahkan orang tua dihati kita. Apalagi diusia remaja, ada kecendrungan untuk lebih terbuka pada sahabat dari pada keluarga. Oleh karna itu, kita pun harus dapat memilih dan memilah siapa yang akan menjadi sahabat-sahabat terbaik dalam mengisi hari-hari kita.
Nah, berikutnya akan disajikan beberapa tip's dan trik bersahabat yang baik, yang ku kutip dari buku ( "True friend, jurus dahsyat milih sahabat". Dan buku saku yang berjudul"Kado buat sahabat"). Serta beberapa kata-kata mutiara yang kutemukan dari buku-buku yang pernah kubaca.


8 tips dan trik Sahabatan

1. Katakan kalau kamu mencintainya. Rasulullah terbiasa berkata : Uhibbuka fillah ”Aku mencintaimu karna Allah”.

2. Berilah hadiah . Taadu tahaabbu "Saling memberi hadiahlah kamu maka kamu akan saling mencintai.
Meskipun hadiah bagi sahabatmu hanyalah sepotong puisi, ato sebungkus kuaci,atau teh poci hehe atau pijitan lembut dipundaknya yang pegal, itu adalah hadiah terindah untuknya disaat ia membutuhkannya.

3. Kenali kesukaannya dan hindari ketidaksukaannya.
Jangan mengaku sahabatnya kalo kita tidak tau satupun tentangnya, yah...seperti hobinya, makes n ' mikes (makanan dan minuman kesukaan) dsb. Begitu juga dengan sesuatu yang tidak disukainya, sebaiknya kamu jangan coba-coba menampakkannya ato kamu berusaha menahan diri untuk tidak melakukannya dihadapan sahabatmu itu. Seperti, sahabatmu tidak suka atau alergi dengan suara-suara aneh...jadi jangan sekali-kali kamu menyanyi tidak karuan didepannya...hehe

4. Hibur saat dia sedih ! Jika temanmu sedih...berusahalah untuk menghiburnya, agar ia tidak larut dalam kesedihannya.

5. Lebih banyak memberi. Janganlah berharap sahabatmu akan memberi banyak padamu , tapi biasakan dirimu memberikan yang terbaik buatnya.

6. Lebih banyak mendengar. Jika sahabatmu ada masalah...dan dia bercerita padamu...maka janganlah mencoba untuk menyelasaikannya kecuali setelah diminta..terkadang boleh jadi ia hanya butuh di dengar.

7. Menjaga jarak barang sejenak. Kadang dalam persahabahatan ada sifat kejenuhan. Terlalu lengket, terlalu perhatian hingga membuat sahabat tidak dapat bergerak. Maka jagalah jarak tertentu dengan sahabatnu. Sesekali bertemu namun bermutu..

8. Husnudzhon dan jujur padanya. Nah, jika suatu ketika kamu mendengar hal yang buruk tentang sahabatmu. What do you do? Kalo bahasa kampung asal kita Madza ta'mal? Sebaiknya jangan langsung dipercaya...berhusnudzhon lah...kemudian tanyakan yang sebenarnya. Jika memang perbuatannya itu buruk..katakan dengan jujur kalau kamu tidak sepakat dengan yang diperbuatnya.

Ciri-ciri Teman Sejati
:) Suka mengucap salam, dan menyapa siapa saja yang pernah dikenal, dimanapun ketemunya.
:) Mudah bergaul dan punya banyak teman
:) Wajahnya selalu tampak cerah
:) Banyak senyum
:) Shalat tahajud, dhuha, baca al-qur'an terjaga
:) Pede memakai atribut keislaman, kayak baju kok, gamis, kopiah dsb.
:) Kalo lagi tidur, bibir sering keliatan senyum..kira kalo sakit gigi gimana ya ?
:) Suka ngasih sesuatu ke orang lain
:) Tidak suka buang-buang waktu dan berusaha melakukan yang terbaik dalam setiap aktivitas.
:) Optimis menjalani hidup
:) Jarang nampak sedih dan berduka

Naaah...sudahkah kita memilki ciri-ciri yang telah disebutkan diatas ?? yap hanya anda yang tau ...atau sahabat anda....


Untaian mutiara hikmah tentang sahabat

• Pesan Rasulullah , sebaik-baik sahabat adalah mereka yang :
Apabila kamu melihatnya, teringat Allah
Apabila melihat akan amalnya, teringat akan akhirat
Apabila kamu berbicara dengannya, pengetahuan agamamu bertambah.

• Sahabat sejati adalah orang-orang yang dapat berkata benar denganmu, dan bukan orang-orang yang dapat membenarkan kata-katamu. (Hamka).

• Haruslah engkau berteman, karena teman-teman itu alat & media untuk dunia dan akhirat. (Ali bin Abi Thalib).

• Akan merasa sunyi seorang yang tidak memiliki sahabat, dan sia-sia orang yang menahan diri untuk tidak mencarinya. Lebih sia-sia lagi orang yang telah mendapatkan sahabat, kemudian ia mensia-siakannya. (Hilal bin ula al-Raqy).


• Kalau sahabatmu setia kepadamu, bersyukurlah. Karena dalam pertukaran siang dan malam telah menganugrahi engkau suatu yang kekal. Banyak yang akan menunjukkan kekurangan dan yang akan membetulkan bilamana engkau berbuat salah.(al-Anisah Mai)

• Lebih baik berdiam diri daripada menyebutkan segala rahasia sahabat yang dibisikkan kepadamu dan janganlah sekali-kali membisikkannya pada orang lain, bahkan kepada teman dekat sekalipun dan janganlah membuka rahasia-rahasia itu walaupun setelah putus persahabatan dan hubungan bathin. (al-Ghazali)

• Persahabatan adalah perisai bagi segala bencana dan segala peristiwa yang terjadi disegala zaman. (al-Ghazali)

• Haruslah kamu berteman dengan orang-orang yang benar, supaya kamu akan hidup dalam lindungan mereka. Sesungguhnya mereka itu adalah hiasan pada waktu senang dan perisai pada waktu susah.(Umar bin Khattab)

• Seseorang yang memandang wajah saudaranya atau temannya dengan penuh kesayangan dan kerahmatan adalah ibadah. (al-Fudzail)

• Teman dudukku mempunyai hak padaku atas tiga perkara :
Apabila ia mendekat, niscaya aku sambut kedatangannya
Apabila ia berbicara, niscaya aku perhatikan pembicaraannya
Apabila ia duduk niscaya aku luaskan tempat baginya. (Sa'id bin al-Ash)

• Sahabat adalah penentu. Jangan tanya siapa aku. Tanyakanlah siapa sahabatku. Pasti kamu tau siapa diriku. (Syair ahli hikmah).

• Manfaatkan persahabatanmu dengan siapapun sebagai ajang belajar. Ketika berbicara, jadikan itu sebagai latihan untuk memperhalus tutur kata dan mempercantik budi bahasa. Jadikan temanmu sebagai salah seorang guru yang mengajarmu budi pekerti dan akhlak mulia.
Ada orang yang dikenal karena pemikiran-pemikirannya yang baik. Kebesarannya tersirat dalam keteladanan dan persahabatannya. Bersahabat dengannya akan membentuk kancah belajar menjadi orang berani, arif, bijak, dan sopan. (buku The Art of Wordly Wisdom)

• Cermin memantulkan dengan jujur apa yang ada didepannya, apabila baik ditampakkan baik, buruk ditampakkan buruk. Maka hati-hatilah memilih teman, karena teman adalah cerminan dari sifatmu.

• Hanya semenit diperlukan untuk mendapatkan seorang sahabat yang baik, sejam untuk menghargainya, sehari untuk menyanginya . Tapi sepanjang hidup untuk melupakannya.

• Teman ketaa bagaikan air di daun keladi alau tercurah tak berkesan. Tapi sahabat sejati bagai air lalu alau dicincang ia tak mungkin kan putus.

• Supaya engkau beroleh sahabat, hendaklah diri engkau sendiri sanggup menyempurnakan menjadi sahabat orang. (Hamka)



Nasehat Al-Qamah

"Jika engkau perlu berteman dengan orang-orang, maka bertemanlah sengan orang yang apabila engkau melayaninya, ia pun melindungimu, dan jika berteman dengannya, ia menghiasimu. Jika engkau tidak mampu menggunakan hartamu, bertemanlah dengan orang yang apabila engkau berbuat baik kepadanya , ia pun membalasmu, dan jika engkau berbuat dosa, ia pun mencegahnya. Bertemanlah dengan orang yang apabila engkau meminta sesuatu darinya, ia pun memberimu, dan jika engkau diam, ia pun menyapamu. Bertemanlah dengan orang yang apabila engkau berkata, ia benarkan perkataanmu, dan apabila engkau hendak melakukan sesuatu, ia pun menasehatimu, dan jika kalian bertengkar ia lebih mengutamakanmu".

Nasehat Umar bin Khattab
(untuk meneguhkan persahabatan)

1. Kalau dia berbuat suatu kesalahan kepadamu dengan jalan mendurhakai Allah, balaslah dengan jalan taat kepada Allah
2. Jangan cepat menyangka salah terhadap perkataan seseorang, padahal masih ada jalan lain untuk membawanya kepada arti yang baik
3. Carilah sahabat yang jujur. Dengan jalan demikian engkau terpelihara dari bahaya.
4. Tidak ada kawan yang bisa dipercayai, kalau dia tidak takut kepada Allah
5. Suatu pekerjaan darimu sendiri, kalau sulit, bermusyawarahlah dengan yang takut pada Allah.

1 komentar:

ramadian mengatakan...

friendship is the real treasure....