Selasa, 28 Agustus 2007

Tugas seorang pendidik



1. Seoarang pendidik harus mampu memberikan rasa sayang kpd murid-muridnya dan memperlakukan merk seperti anak sendiri.

2. Seyogyanya seorang pendidik itu tidak terlalu menuntut gaji, balasan dan ucapan terima kasih dalam melaksanakan tugasnya, tetapi hendaklah dia mengajarkan ilmu hanya karna Allah , dan keridhaanNya. Jangalah seorang pendidik merasa berjasa bagi orang lain, walaupun seorang pendidik itu memang berjasa bagi murid2nya. Akan tetapi kemuliaan serang pendidik itu apabila ia dapat membawa anak didiknya lebih dekat kpd Allah melalui ilmu yang diajarkannya.

3.Seorang pendidik harus selalu memberikan nasehat akan segala hal kpd murid2nya.

4. Seorang pendidik ketika mencegah muridnya dari prilaku yg buruk dengan cara pendekatan jika hal itu memungkinkan, tidak dengan mencegahnya secara langsung dan dengan penuh kasih sayang.

5. Seorang pendidik haruslah memiliki wawasan yang luas dan tidak tertutup untuk menguasai disiplin ilmu lain, bukan hanya ilmu-ilmu yang menjadi bidang spesialisasinya.

6. Seorang pendidik/guru harus mengetahui kemampuan murid dan keterbatasan akal pikirannya, agar dapat mempertimbangkan setiap murid berdasarkan kemampuan intelektualitas dan pemahamannya, sehingga mereka mampu menerima ilmu yang diajarkan.

7. Sebaiknya dalam mengajarkan ilmu gunakanlah cara yang sederhana , tegas, mudah, dan janganlah menyampaikan sesuatu secarapanjang lebar sedang anak didik sudah merasa mengerti dengan jelas, karena itu akan menurunkan selera anak didik akan suatu penjelasan, gangguan pada hatiny dan mendorongnya untuk pelit terhadap pelajaran.

8. Sebaiknya seorang guru mengamalkan segala hal yang pernah diajarkannya, janganlah berkata yang bertentangan dengan apa yang dilakukannya.

Tidak ada komentar: