Selasa, 28 Agustus 2007

Hikmah kehidupan I (from : Hamka)





* "Persahabatan ialah untuk saling memperluas tujuan hidup, memperdekat kecocokan di dalam satu perkara, sehingga dapat didamaikan di dalam perkara yang lain'.
======

* " Wanita yang budiman adalah laksana matahari yang terbit di waktu fajar bagi orang yang menunggu kedatangan siang".
======

* " Orang yang mulutnya keras bersorak-sorak, tandanya persediaan di dalam tiada lagi".
======

* "Orang yang paling pandai mengambil muka didunia ini, itulah yang busuk hati ".
======

* " Sahabatlah yang dicari oleh budiman sebagai mencari uang. Budiman berhilang-hilang tempo, berhabis-habis hari menambah sahabat, teman sejawat untuk menumpuk rasa hati. Sebab kita yakin bahwasannya dapatnya seorang sahabat, berarti satu pintu kesucian diri telah terbuka. Dapat dua sahabat, dua pinti telah terbuka, dapat tiga sahabat, tiga pintupun terbuka".
======

* "Kekuatan otak itu menimbulkan angan-angan, pikiran, kehendak, ingatan, cita-cita dan lain-lain yang timbul daripada akal dan nafsu. Kehidupan otak itu timbul dari kekuata zat oksigen, yaitu zat yang disebut zat pembakar".
=======

* "Kehidupan ini laksana tenunan yg selalu bersambung. Sekalian makhluk di muka bumi ini seakan-akan tidak terlihat di dalam tenunan ini, karena sangat kecil. Maka tenunan hayat yang kita liohat ini adalah ujung dari pangkal kain yang telah lau , yg bersambung , tiada putus, sejak dari awal tiada diketahui kapankah smampai kepada akhir yang belum diketahui, bilakah".
=======

* "Didalam menempuh jalan hidup janganlah mencoba menjarak dari Tuhan sebab kendali yang sebenarnya terpegang ditanganNya. Betapap
un kita memegang kemudi bahtera menuju pelabuhan yang dicita-cita, namun yang menentukan arah angin ialah Dia. Sebelum sampai ke tempat perhentian, janganlah lekas puas dan gembira jika nasib selamat, tetapi bersyukurlah !
Dan jika angin ribut menggoncangkan bahtera sehingga seakan-akan tiang akan patah, janganlah bergoncang jiwamu sebab sesudah angin ribut itu alam akan terang kembali, sebab itu hendaklah sabar".
=======

* Insan kamil ialah insan yang selalu meningkatkan kesempurnaan, selalu memandang hina akan perkara yang memang pantas dihinakan dan selalu pula memuliakan barang yang pantas dimuliakan, yg patut ditimbang, yang patut di malui".
=======

* Sayang dan benci janganlah dijadikan ukuran sebab rasa sayang menutupi mata melihat cacat dan keburukan sehingga yang tampak hanya bagusnya saja. Rasa benci menutupi mata dan melihat segala kebaikan. Yang tampak hanya cacat dan buruknya saja. Sebab itu perasaan janganlah mengalahkan akal".
=======

Tidak ada komentar: