Selasa, 14 Agustus 2007

Mimpi Berkepanjangan



Oleh : Amri (Knowledge Entrepreneur)

Mimpi berkepanjangan Ada dua kunci pokok dalam mimpi berkepanjangan itu. Pertama, kalau kita mempunyai daya kesabaran yang sangat luar biasa, nanti Allah SWT akan memberikan kepada kita impian-impian yang tidak terduga. Misalnya, kita tidak menyangka kalau perusahaan akan melejit sangat hebat, padahal personilnya belum terdiri dari orang-orang yang sangat hebat dan berpengalaman. Bahkan pendidikkannyapun, biasa-biasa saja.

Kedua, setelah perusahaan sangat maju, seperti impian yang tak pernah terpikirkan dan akhirnya menjadi kenyataan, muncullah personil-personil yang sangat berpengalaman dan professional. Ketika itu, muncul rasa syukur berkepanjangan, sehingga impian-impian yang dianggap tidak mungkin, akan menjadi sangat mungkin menurut pandangan Allah SWT.

Disamping mimpi berkepanjangan yang tidak terduga dan menjadi kenyataan positif, ada fenomena lain yang juga muncul, yaitu mimpi berkepanjangan yang menenggelamkan.

Pertama, kalau kita tidak mempunyai daya kesabaran yang sangat luar biasa, biasanya Allah SWT memberikan impian-impian yang juga tidak terduga. Misalnya, karena kita tidak mempunuai personil yang hebat-hebat di perusahaan kita, akhirnya kita menjadi tidak percaya diri dan juga tidak percaya bahwa Allah SWT sangat Maha Kuasa. Ketika penyakit minder ini muncul terus menerus, maka diri kita, perusahaan kita dengan sendirinya akan mimpi berkepanjangan, yaitu tenggelam.

Kedua, setelah diri kita atau perusahaan kita sangat maju, seperti impian yang tak pernah terpikirkan dan akhirnya menjadi kenyataan, muncullah personil-personil yang sangat berpengalaman dan professional. Ketika itu, muncul rasa syukur yang mulai jatuh, sehingga impian-impian yang diharapkan akan muncul dengan lompatan quantum positif, menjadi terbalik seratus delapan puluh derajat, yaitu perusahaan rontok dan terjatuh secara berkeping-keping. Akhirnya muncul penyakit SDM yaitu Selamatkan Diri Masing-masing.

Sahabat....

Kalau kita mau jujur terhadap diri sendiri, begitu juga mau secara jujur melihat perkembangan perusahaan-perusahaan atau negara-negara di dunia ini, rupanya dengan kesabaran yang luar biasa banyak impian-impian berkepanjangan yang selama ini dianggap tidak mungkin menjadi mungkin. Begitu juga dengan rasa syukur yang luar biasa, hal-hal yang dianggap tidak mungkin juga menjadi mungkin.

Permasalahannya adalah impian berkepanjangan yang berdampak positif menjadi hancur lebur, ketika banyak diantara kita hanya pandai bersabar dan tidak pandai bersyukur. Maka, hampir semua kejadian, yaitu terjatuhnya diri, perusahaan maupun negara bukan karena tidak bisa bersabar, namun berkecenderungan karena tidak bisa bersyukur.

Berani hadapi tantangan untuk tetap bersabar dan bersyukur, agar Allah SWT memberikan impian berkepanjangan positif yang menjadi kenyataan!!!. Bagaimana pendapat sahabat ???

Tidak ada komentar: